15 Maret 2009

Program Spiritual Journey for Students



Cerdas Spiritual, Raih Sukses Belajar

Kekuatan spiritual mendorong seseorang bekerja dengan Ikhlas, memiliki kebersihan orientasi dan tujuan. Kekuatan spiritual menjadikan seseorang memiliki arah atau tujuan pribadi yang jelas di atas prinsip yang kuat dan benar.


Membangun kekuatan spiritual para pelajar merupakan agenda yang sangat penting dan mendesak. Merosotnya prestasi belajar dan realitas potret pelajar yang diwarnai dengan berbagai masalah seperti perkelahian atau tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, bahkan ada yang terlibat narkoba merupakan keprihatinan dan perlu mendapat perhatian semua pihak. Adanya program training Spiritual Journey for Student diharapkan menjadi salah satu upaya solusi pembinaan mental dan spiritual bagi pelajar, khususnya di daerah Kalimantan Barat.

Program Spiritual Journey for Student inipun sesungguhnya sangat sejalan dengan semangat pendidikan nasional. Sebagaimana dinyatakan dalam pasal 3 UU No.20 Tahun 2003 bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara demokratis serta bertanggungjawab.

TUJUAN PELATIHAN
1.Menguatkan pondasi spiritual dan emosi pelajar, sehingga lahir kesadaran perubahan diri dan mampu merumuskan arah kehidupan pribadinya di masa depan.
2.Membangun karakter kejujuran dan amanah dalam diri pelajar, menghormati dan memperhatikan adab kepada guru dan orang tua.
3.Meningkatkan pengenalan para pelajar terhadap Allah SWT, Rasul dan Dienul Islam.
4.Membangun kembali keteguhan prinsip dan menemukan kebenaran hati nurani (fitrah) yang berpusat pada kekuatan spiritual, sehingga para pelajar dapat menilai tindakan, jalan hidup serta memberi makna terhadap setiap peristiwa yang dialaminya.
5.Membangun komunikasi, kebersamaan, keterbukaan, sinergi saling memahami dan saling menolong sesama pelajar, sehingga tidak terjadi lagi tawuran antar sesama pelajar.

MATERI PELATIHAN

1.Konsep Diri Pribadi Muslim
2.Mengenal Allah SWT Sebagai Pencipta, Penguasa dan Tuhan yang Harus Disembah.
3.Mengenal Rasulullah Sebagai Teladan dan Inspirasi bagi Kehidupan.
4.Bangga Sebagai Seorang Muslim
5.Perencanaan Diri dan Manajemen Waktu
6.Say No To Drugs

0 komentar: